Penomoran Otomatis Dengan Foxpro

Eee.. ada beberapa orang mengalami permasalahan mengenai penomoran otomatis terutaman nomor yang sama.. saya coba kasih beberapa trik hehe sebenarnya bukan trik tapi gimana yaa hehe, ya udah simak aja deh 🙂

Pertama, anda bisa manfaatkan penomoran otomatis langsung dari tabel dengan menggunakan field type integer(AutoInc) maka nomor akan otomatis tanpa gunakan koding khusus 🙂 1,2,3,4,5 yaa gitu lah urutannya 😀

kedua dan terakhir, itulah cinta saya,,ceiii hehe galau lagi galau lagi(ngaur ngaur…)

ni contoh koding punya saya

Koding 1

SELECT cur_addr
SET FILTER TO LEFT(ALLTRIM(caddr),4)=ALLTRIM(this.Value)
GO bottom
IF EOF()
thisform.txtcdist.Value=ALLTRIM(this.Value)+'001'
ELSE
thisform.txtcdist.Value=ALLTRIM(this.Value)+;
PADL(ALLTRIM(STR(VAL(RIGHT(ALLTRIM(caddr),3))+1)),3,'0')
endi

hasilnya 001,002,003,…
Koding 2

select cur_addr
calculate max(caddr) to urut
nourut=val(urut)+1
thisform.txtcdist.value=;
PADL(ALLTRIM(STR(VAL(RIGHT(ALLTRIM(caddr),3))+1)),3,'0')

hasilnya 001,002,003,…

tapi saya pribadi suka koding yang pertama karena saya bisa mengkondisikan nomor berdasarkan keadaan misal saya pengen berdasarka tanggal saya bisa memfilter berdasarkan DTOC(DATE()) bla bla bla 🙂
coba deh 😀

10 tanggapan untuk “Penomoran Otomatis Dengan Foxpro

  1. btw, itu koding diletakkan dimana ya gan?
    ane buat seperti ini di tombol “Tambah Data”

    sele 1
    set filter to
    go bottom
    m=val(right(alltrim(kode),5))
    thisform.refresh()
    if m>=0 .and. m=9 .and. m=99 .and. m=999 .and. m=9999 .and. m<=99998
    m=m+1
    thisform.txtkode.value=tran(m,'99999')
    endif
    endif
    endif
    endif
    endif

    sele a
    set filter to kode=alltrim(thisform.txtkode.value)
    thisform.refresh()

    Tetapi yang ane inginkan ketika habis input data selesai ane tekan tombol "Simpan" keluar peringatan "Apa mau tambah data lagi?" "Ya" atau "Tidak", ketika saya tekan tombol "Ya" di txtkode ga bisa otomatis gan. Gimana ya gan kalo ingin bisa otomatis ketika saya tekan tombol "Ya"… Thx b4

    1. btw tu koding sukses ga bikin nomor otomatis jika sukses,,bikin aja method, caranya buka form tersebut pilih form di menubar pilih new method kasih nama terserah misal nomorurut, ntar method nomorurut ada dipropertisnya form 🙂 naaa masukkan tu koding lo..
      kemudian panggil dengan thisform.nomorurut letakknya klo ditombol tambah yaa di click klo sesudah pesan (messagebox) kasih dibawahnya 🙂

      yaa semoga paham dan sukses aja mas 😀

  2. maap gan baru sempet bales. Thx gan, udah bisa. Untuk koding ane diatas sukses kok gan. Cuma kan blm bisa otomatis, ketika langsung jawab “Ya” di messagebox nya. Setelah agan kasih tau itu, ane praktekin bisa gan… Tp panggilnya bukan di tombol tambah, tp ditombol simpan. Thx berat ya gan…

    1. kanda ada contohnya tinggal tambahin aja di depan
      misal saya pake koding cara ke 2 itu yaa
      thisform.txtcdist.value=’D’+padl(allt(str(val(right(allt(caddr),3))+1)),3,’0′)

      gitu doank,,coba eksprimen deh 😀 sukses yaa

  3. Ka Rubah , mau tanya .
    Kok saya coba no nya ga berubah otomatis ya ?
    Codingnya jalan sih . Tp ketika data disimpan , no nya tidak bertambah 1 di texboxnya . Ex, di textbox no langsung otomatis terisi 001 , ketika data dimasukkan trus disimpan . Di textbox no nya tidak berubah jd 002 . Gmna ya ?

    1. maaf baru reply 😀 jarang dijenguk klo ada komen 🙂 , gimana udah fix?
      stepnya begini mas, saat simpan mas harus select ulang/urut nomor ulang baru ditampilkan lagi mas

Tinggalkan komentar